-->

Minggu, 08 September 2019

Pentingnya Mengembangkan Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa

author photo
"Setidaknya kegiatan mengembangkan budaya literasi ini bukan hanya sebagai bekal ilmu akan tetapi juga sebagai kebiasaan. Mahasiswa dituntut untuk bisa akrab dengan dunia literasi yaitu membaca dan menulis."
Oleh Aisya Fathin Amatullah

Untuk sebagian kalangan mahasiswa, kata literasi masih sangat terdengar begitu asing. Literasi umumnya adalah kemampuan membaca dan menulis. Literasi adalah suatu cara untuk mengembangkan wawasan, daya nalar, pola pikir dan kekritisannya. Literasi juga seharusnya menjadi budaya yang harus hidup di tengah-tengah mahasiswa.

gerakan literasi
pentingnya mengembangkan budaya literasi di kalangan mahasiswa sumber gambar pixabay

Tetapi budaya literasi kurang diminati dan digemari oleh kalangan mahasiwa bahkan belum di anggap sebagai suatu hal yang penting. Menumbuhkan semangat literasi (membaca dan menulis) bukanlah suatu hal yang mudah karena sekarang aktivitas kebanyakan mahasiswa lebih menyukai kebiasaan yang tidak bermanfaat. Kegiatan seperti bermain gadget dan menonton tayangan televisi, juga lebih menyukai mengakses video streaming di Internet sampai berjam-jam ketimbang sekedar meluangkan waktu untuk menulis/membaca buku, artikel, berita ataupun, bahan bacaan buku lainnya.

Baca Juga: Sejarah Kalimantan Barat dalam Novel M Yanis

Jadi sebagai mahasiswa harus lebih sadar pentingnya mengembangkan budaya literasi untuk kehidupan mahasiswa di masa yang akan datang. Setidaknya kegiatan mengembangkan budaya literasi ini bukan hanya sebagai bekal ilmu akan tetapi juga sebagai kebiasaan. Mahasiswa dituntut untuk bisa akrab dengan dunia literasi yaitu membaca dan menulis.

Kegiatan menulis harus dilakukan secara bertahap, rutin dan terus berlatih agar memudahkan bermain dengan kata-kata, makna, bahasa, nilai, dan sudut pandang. Menulis juga dibarengi dengan membaca sebab membaca kita bisa mendapatkan ide atau gagasan untuk ditulis. Mengembangkan dan membangun budaya literasi harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Perlu adanya proses untuk mengembangkan budaya literasi ini kepada kalangan mahasiswa. Literasi (membaca & menulis) merupakan kunci untuk mencerdaskan dan memajukan suatu bangsa. Pendidikan dan kemampuan literasi adalah dua hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai mahasiswa.

Baca Juga: Perempuan Bersepatu Merah di Kota Pati

Kemajuan suatu negara adalah tergantung dari orang-orang yang cerdas, berintelektual tinggi, berwawasan luas, dan bisa memberikan kontribusi nyata kearah yang lebih baik kepada negara tersebut.

Mahasiswa adalah agent of chage (agen perubahan) dan kaum intelektual yang dipercaya masayarakat untuk melakukan tatanan kehidupan perubahan kearah yang lebih baik lagi. Literasi yang terus dikembangkan budaya nya mampu membuat produktivitas mahasiswa meningkat.

Sebagai mahasiswa tetap harus memiliki banyak modal serta persiapan yang sangat mantang untuk menjadi seseorang yang berkualitas dan berkredibilitas tinggi. Demi tercapainya budaya literasi yang optimal.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post