-->

Kamis, 21 Desember 2017

Pawai Literasi Akan Jadi Agenda Tahunan Balai Bahasa Kalbar

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

Pawai Literasi
Pawai Literasi Akan Jadi Agenda Tahunan Balai Bahasa Kalbar

Literasi Kalbar - Pawai Literasi Akan Jadi Agenda Tahunan Balai Bahasa Kalbar -
Melihat semangat para pegiat dan penggiat literasi yang mengikuti Pawai Literasi hari ini, Kepala Balai Bahasa Kalbar, Aminulatif mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan lagi tahun depan dan akan jadi agenda rutin untuk merayakan Bulan Bahasa.

Ini adalah kali pertama diadakan Pawai Literasi, kegiatan yang dibuat untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah pusat dalam meningkatkan baca tulis.

"Tujuannya untuk menumbuhkan semangat membaca dan menulis di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum di Kalimantan Barat," katanya seusai mengikuti jalan sehat dari Balai Bahasa menuju Masjid Mujahidin, Minggu (5/11/2017).

Baca Juga:

Dialog Komunitas Media Massa Lokal dan Penulis Sastra Kalbar

 

Semangat yang ditunjukkan peserta Pawai Literasi dikatakannya sebagai gambaran positif yang menunjukkan pertumbuhan literasi di Kalimantan Barat semakin mengalami peningkatan. Apalagi saat ini sedang berlangsung kegiatan literasi terbesar tahun ini Kalbar Book Fair 2017 di Rumah Radkang. Dia mengatakan di sana banyak pameran buku dari penerbit lokal dan komunitas penggerak literasi Kalbar.

"Pada hari pembukaan Kalbar Book Fair 2017, Dinas Pariwisata turut serta memamerkan buku dan buku-buku yang dipamerkan laku terjual. Selain itu hadirnya penerbit-penerbit dari komunitas literasi di Kalbar menunjukkan bagaimana teman-teman di Kalbar sudah terbiasa menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan," ujarnya.

Baca Juga:

Menggagas 15 menit Baca Buku di Sekolah


Untuk terus meningkatkan baca tulis di Kalbar, Balai Bahasa rutin membuat kegiatan bengkel sastra dan melakukan pembinaan komunitas. Kegiatan seperti ini dilaksanakan enam kali dalam setahun dan terbuka untuk siapa saja, baik itu pelajar maupun masyarakat umum. Selain itu, setiap tahun Balai Bahasa menyelenggarakan pelatihan penulisan cerita rakyat atau esai dan tulisan opini, Balai Bahasa juga memberi kesempatan untuk menerbitkan tulisan-tulisan tersebut.

"Cara bergabung dalam gerakan literasi yang diselenggarakan Balai Bahasa cukup mudah, komunitas maupun perorangan bisa berpartisipasi, baik itu pelajar maupun masyarakat umum. Cukup datang dan mendaftar sesuai dengan jadwal yang selalu kita informasikan melalui media sosial resmi Balai Bahasa Kalbar," pungkasnya.

Sumber: http://pontianak.tribunnews.com/2017/11/05/pawai-literasi-akan-jadi-agenda-tahunan-balai-bahasa-kalbar

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post