Kamis, 21 Desember 2017

Literasi dan Pengendalian Penggunaan Internet

author photo

Literasi dan Pengendalian Penggunaan Internet


Dirjen Semuel Abrijani Pangerapan melakukan diskusi bersama Jurnalis di Rumah Makan Talaga Sampireun, Tangerang Selatan, Senin (18/12/2017), menegaskan pada pemerintah untuk lebih memfokuskan pada literasi dan pengendalian penggunaan internet.

Literasi dan Pengendalian Penggunaan Internet


Beliau menjelaskan bahwa meningkatnya pengguna internat semkain melonjak tajam yang merupakan suatu peristiwa yang tidak bisa dihindari pada zaman sekarang ini.

“Pada tahun lalu pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta dan melonjak tajam menjadi 243,7 juta pengguna internet sekarang ini. Pada umumnya pengguna internet lebih percaya kepada berita yang ada didalamnya ada hoax, berita bohong, Saracen dan kejahatan di dunia maya,” ujarnya.

Baca Juga:

Menggagas 15 menit Baca Buku di Sekolah


Semakin banyak pengguna internet juga menimbulkan peluang negatif dalam pembuatan konten palsu, pornografi, dan bullying yang semakin meningkat.

"Semua menjadi kekhawatiran di dunia maya. Literasi digital merupakan kunci untuk mengatasi persoalan tersebut. Dampak teknologi tanpa literasi bisa mengakibatkan keresahan di masyarakat, di mana konten bisa difabrikasi itu berbahaya sekali. Maka kita literasi masyarakat supaya penggunaan internet itu produktif. Teknologi bukan pengendali tapi manusianya adalah pengendali,” papar Dirjen Semuel.

"Di hulu, Kominfo lakukan edukasi, literasi digital. Sedangkan di tengahnya ada pendampingan yang berkelanjutan oleh komunitas. dan dibagian, di hilirnya berupa penegakkan hukum," jelasnya.

Sumber: https://www.kominfo.go.id

Baca Juga:

Gerakan Literasi Sekolah Bersambut di Daerah  

 

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post