Kamis, 29 Agustus 2019

Peran Penting Orang Tua Tumbuhkan Minat Baca Anak

author photo
"Peran orang tua tentu sangat penting sekali dalam menumbuhkan minat baca pada anak. Orang tua juga harus mengontrol tentang informasi apa saja yang masuk agar informasi yang masuk dapat terseleksi dengan baik."

peran penting orang tua tumbuhkan minat baca anak
peran penting orang tua tumbuhkan minat baca anak

Tulisan Juliansyah

Membicarakan mengenai literasi di Indonesia pasti kita mendengar banyak sekali kekurangan-kekurangan minat baca bahkan bisa dibilang sangat memprihatinkan. Apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi? Apa solusinya? Apa peran penting orangtua dalam meningkatkan minat baca anak?

Peran orang tua di rumah yang bertanggungjawab penuh terhadap perkembangan putra-putrinya. Hal ini tentu membawa konsekuensi logis bahwa sebelum mengajak orang lain untuk membaca, maka kita- terutama para orang tua- harus lebih dulu memiliki kegemaran membaca, agar ajakan yang luhur dan mulia ini bisa berpengaruh efektif terutama kepada anak-anak di rumah.

Bukankah tak sedikit orang-orang yang sukses dan jadi orang besar berasal dari keluarga cinta baca? Setiap orang tua perlu mengapresiasi budaya baca dengan memberikan suri tauladan bagi keluarganya.

Baca Juga:

Tragedi Mandor Berdarah


Sebagai contoh, di Amerika Serikat waktu hari sekolah anak-anak tak lebih dari 180 hari dalam setahunnya dengan waktu belajar sekitar 9 jam per harinya. Di Indonesia, waktu belajar yang dijalani anak-anak di sekolah, bahkan jauh lebih sedikit. Setelah dipotong dengan waktu libur kwartal, hari besar nasional dan keagamaan, hari minggu, praktis jumlah hari sekolah sekitar 240 hari setiap tahun dengan waktu belajar berkisar antara 2 jam sampai 6 jam saja setiap harinya.

Dengan asumsi anak-anak menghabiskan 6 jam di sekolah setiap hari, maka dalam 240 hari jumlah jam yang dihabiskan di sekolah mencapai 1440 jam atau setara dengan 60 hari. Dengan kata lain, dalam setahun sesungguhnya anak-anak kita hanya menghabiskan 60 hari saja untuk bersekolah.

Selebihnya ia berada di luar sekolah. Karena itu, kualitas pertemuan antara orangtua dan anak di rumah, menjadi hal utama dan terpenting untuk bisa diciptakan agar anak bisa belajar dan memperoleh pengalaman berharga yang bisa menjadi bekal mereka meraih sukses kelak.

Baca Juga:

Sajak-Sajak Rudi Santoso


Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam menumbuhkan minat baca pada anak. Orang tua juga sebaiknya dapat mengetahui beberapa cara yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Agar pertemuan antara orang tua dan anak di rumah benar-benar berkualitas adalah komunikasi.

Menciptakan suasana yang kondusif sekaligus produktif dalam berkomunikasi dengan anak-anak. Berupaya aktif bertanya juga mendengar tentang apa yang disampaikan anak.

Dengan demikian komunikasi dengan anak akan benar-benar memiliki nilai manfaat yang sangat tinggi. Lewat komunikasi secara tidak langsung membantu anak membentuk pribadi yang mandiri dan penuh percaya diri.

2. Mengupayakan agar semua proses belajar di rumah bersama anak bisa dilakukan sedini mungkin.

Pada usia prasekolah biarkan anak melihat dan mendengarkan orang tua membaca. Mengajak anak mengunjungi perpustakaan. Orang tua juga bisa menyediakan berbagai keperluan tulis menulis atau peralatan menggambar bagi anak-anak di rumah.

Baca Juga: 

Cinta di Ujung Senja


Ini akan menunjang mereka untuk mencoba melakukan sesuatu yang secara tidak langsung merangsang mereka untuk kreatif. Mengajarkan anak-anak untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan kemampuan mereka dan bukannya memberikan sesuatu sekadar untuk mereka kerjakan.

3. Memberikan Pertanyaan Ketika anak selesai membaca buku

Orang tua sebaiknya memberikan sebuah pertanyaan dari apa yang sudah dibaca. Hal ini akan membuat anak mengingat lagi apa yang sudah dibaca sebelumnya.

Secara tidak langsung juga menjadikan anak untuk melatih daya ingatnya. Kebiasaan membaca juga nantinya akan tumbuh secara sendirinya dan menjadikan anak akan memiliki Minat baca yang tinggi.

4. Memeluk anak akan menjadi sebuah kebiasaan yang membuat anak merasa lebih tenang dan nyaman. Cara ini membuat anak lebih terserap dan lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh orang tua.

Memberikan sebuah pelukan ketika sedang membacakan sebuah buku juga dapat dilakukan agar dapat menjadikan informasi yang ada di dalam buku menjadi terserap dengan baik.

5. Tidak menutup buku secara langsung ketika selesai membaca buku

Jangan langsung menutup buku. Sebaiknya melihat kembali apa yang ada di dalam buku dan sebagai orang tua juga dapat menerangkan tentang kesan dan pesan dari sebuah bacaan. Apabila menutup sebuah buku ketika selesai membaca akan mengakhiri kegiatan membaca.

Baca Juga:

Membangun Motivasi Literasi


Peran orang tua tentu sangat penting sekali dalam menumbuhkan Minat baca pada anak. Karena orangtua juga harus mengontrol tentang informasi apa saja yang masuk. Baik yang didengar ataupun dilihat. Semua itu tentu perlu diawasi dan orang tua memang harus melakukannya. Agar informasi yang masuk dapat terseleksi dengan baik.

Mari kita sebagai orangtua wajib dari usia dini menularkan buku untuk dibaca kepada anak. Manfaat yang didapatkan dari membaca juga nantinya bisa diperoleh. Selain dapat menjadikan anak memiliki sikap disiplin yang tinggi, juga dapat mempelajari sikap yang baik dalam melakukan kebiasaan sehari-hari dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang didapatkan dari sebuah buku bacaan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post