Sabtu, 25 Februari 2023

Tips Meningkatkan Keterampilan Membaca untuk Anak-Anak

author photo

literasikalbar.com - Keterampilan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang harus dimiliki manusia, khususnya anak-anak. Bukan tanpa alasan, karena membaca merupakan bangunan meningkatnya keterampilan literasi. Akan tetapi, membaca menjadi tugas orang tua dan guru mengajarkannya pada anak. Tidak semuda itu karena mengajar dan belajar membaca memerlukan waktu, fokus, dan kesabaran.

Tips Meningkatkan Keterampilan Membaca untuk Anak-Anak
 Tips Meningkatkan Keterampilan Membaca untuk Anak-Anak pic pixabay


Beberapa tips mudah untuk meningkatkan keterampilan membaca untuk anak-anak, yaitu


1. Lakukan kegiatan membaca secara bersama


Kegiatan membaca secara bersama berdampak positif pada diri sendiri dan orang lain. Kegiatan membaca secara bersama dapat menstimulus perkembangan bahasa. Membaca secara bersama dapat menciptakan sikap pembaca positif dan memperluas kesadaran untuk dapat bicara dan menulis dalam berbahasa.


Baca Juga: Kota Kabut, Api dan Manusia Dungu Membakar


2. Tujuan Jelas


Tujuan membaca harus ditentukan di awal mungkin berupa target dan berupa kesepakatan bersama. Membaca dalam waktu tertentu dengan menyelesaikan beberapa halaman buku. Membaca dalam satu minggu atau dalam satu bulan menyelesaikan berapa jumlah buku. Tentukan juga jenis buku yang akan dibaca secara bersama. Kegiatan kesepatan di awal ini sangat mendukung proses untuk mencapai tujuan yang jelas di awal. 



3. Buku yang Dibaca Bertema umum


Sediakan buku yang beragam mengenai apapun itu. Buku yang beragam jenis dan tema dapat membantu anak untuk mendeteksi buku yang mana menjadi kesukaannya untuk dibaca. Biarkan anak memilih sendiri bukunya. Jangan tanyakan dulu mengenai tema tersebut. Fokus kita tetap dengan membaca bersama.


Baca Juga : Lomba Menulis Terbaru 2023


4. Mengidentifikasi Buku yang Dipilih Anak


Pendamping anak harus mengetahui buku apa yang disukai anak. Identifikasi buku yang dipilih anak dan lihat anak dalam cara membacanya. Cari tau minat anak terhadap buku jenis dan tema yang dipilihnya.



5. Setelah Membaca, Ajukan Pertanyaan Tentang Buku yang Dibaca Anak


Ajukan pertanyaan ringan mengenai buku yang dibacanya. Mungkin tentang apa buku tersebut. Atau boleh minta anak menceritakan ulang buku tersebut dengan caranya sendiri. Pendamping harus memberikan umpan balik dengan respon yang positif. 


Baca Juga : Puisi Ayu'dya Despani dan Perempuan Hujan


Lima tips di atas dapat Meningkatkan Keterampilan Membaca untuk Anak-Anak. Sebagai pendamping baik orang tua dan guru dapat mengeksplorasi tips di atas dengan cara sendiri sesuai kebutuhan. Jika ada tips lain silakan tulis di komentar. Berbagi tips lainnya tentang literasi sangat menyenangkan bukan.

Tulis Pendapat Anda 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post