Rabu, 18 September 2019

Membaca Buku Offline Semakin Kurang Diminati

author photo
"Kegiatan literasi adalah kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan membaca dan menulis. Semakin banyak dan sering orang melakukan kegiatan membaca dan menulis maka semakin tinggi budaya literasi di indonesia. Dapat dikatakan bahwa literasi adalah suatu kemampuan seseorang dalam menjadwalkan dan melaksanakan kegiatan membaca dan menulis."
kegiatan literasi membaca buku offline
membaca buku offline, pic pexels

Oleh Mala Putri

literasikalbar.com - Benarkah membaca buku offline semakin kurang diminati? Mungkin benar mungkin juga tidak. Sebagian orang sudah memiliki gadget yang notabene memiliki beribu manfaat. Satu diantara manfaat gadget adalah membaca ebook atau teks secara online. Kegiatan literasi bisa dilakukan dengan membuka gadget. Bisa jadi kegiatan membaca buku offline semakin kurang diminati. Apakah rendahnya minat membaca buku offline dapat menurunkan tingkat literasi di Indonesia?

Kita satukan pemikiran mengenai arti literasi dan kegiatan literasi. Kegiatan literasi adalah kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan membaca dan menulis. Semakin banyak dan sering orang melakukan kegiatan membaca dan menulis maka semakin tinggi budaya literasi di indonesia. Dapat dikatakan bahwa literasi adalah suatu kemampuan seseorang dalam menjadwalkan dan melaksanakan kegiatan membaca dan menulis. Lebih jauh dari itu literasi menjadikan seseorang lebih kritis terhadap suatu hal.

Sebagian orang hanya mengetahui arti literasi sebagai kegiatan membaca dan menulis, namun, disayangkan sedikit sekali orang menjadikan literasi sebuah kebiasaan. Literasi yang dilakukan dan terus-menerus tentu akan membentuk budaya literasi di sekitar kita. Bisa jadi kegiatan membaca dan menulis dalam arti literasi secara khusus menjadi budaya literasi di Indonesia. Bisa jadi tingkat literasi Indonesia semakin menaik di peringkat literasi dunia.

Apa yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia supaya masuk sepuluh besar peringkat literasi dunia ? Tentu tidak lain dan tidak bukan menjadikan kegiatan membaca dan menulis sebuah budaya literasi di Indonesia. Apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis ?
Baca Juga: Membaca Buku, Kegiatan yang Melelahkan
Pada tulisan ini saya akan membahas literasi membaca. Kegiatan membaca bisa dilakukan dengan membaca buku offline dan online. Kegiatan membaca buku offline sudah biasa dilakukan namun seseorang tergoda untuk melakukan kegiatan membaca online. Disayangkan sekali saaat membaca buku online seseorang kadang tergoda dengan media sosial. Walaupun membaca media sosial merupakan kegiatan membaca online. Namun kualitas bacaan yang dibaca bisa saja rendah bahkan bisa jadi bacaan hoaks.

Membaca buku offline sudah sering dilakukan orang dari zaman dahulu. Kegiatan membaca buku offline banyak memberikan manfaat dan keunggulan ketimbang membaca buku online. Seperti sedikit yang sudah dibahas di atas kelemahan membaca buku online. Walaupun disisi lain ada keunggulan membaca buku online. Namun saya lebih memihak kepada membaca buku offline untuk meningkatkan kegiatan literasi membaca dan menulis.

Membaca buku offline memiliki keunggulan yang beragam. Membaca buku offline tidak membuat mata cepat lelah. Membaca buku offline mudah dilakukan di manapun. Membaca buku offline tidak tergantung dengan daya/batrai. Membaca buku offline bisa dilakukan siapa saja termasuk orang yang bermasalah dengan mata (tunanetra) yang bisa menggunakan buku offline berupa broile.
Baca Juga: Literasi untuk Apa?
Saya tidak mengatakan bahwa membaca buku online justru merendahkan tingkat kegiatan literasi di indonesia. Justru bisa jadi kegiatan membaca buku online menaikkan peringkat literasi indonesia menjadi sepuluh besar peringkat literasi dunia. Bisa jadi membaca buku online memicu budaya literasi di indonesia. Namun disayangkan pembaca buku online di Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain.

Bagaimana cara anda membaca sebuah buku baik membaca buku offline maupun online? Lakukan saja itu. Mana yang menurut anda lebih memudahkan anda membaca. Mungkin bukan hanya mudah saja, tetapi cari kenyamanan anda dalam membaca. Pilihan membaca buku offline maupun online semoga bisa meningkatkan peringkat literasi indonesia.

Kegiatan literasi membaca buku offline diharapkan tingkat literasi indonesia semakin menaik. Budaya literasi indonesia semakin terus berkembang pesat. Kegiatan literasi bisa jadi merupakan sebuah hal yang rutin dilakukan di dalam keluarga. Bisa jadi arti literasi tidak asing lagi bagi kita. Kita sudah mengetahui dan memahami arti literasi untuk kehidupan. Bahkan menerapkan kegiatan literasi seperti kegiatan membaca dan menulis.


This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post