Minggu, 06 November 2022

Pemikiran Membangun Kalimantan Barat

author photo

Resensator Ristiawan


“Sumber daya alam khususnya sumber daya hutan yang tersedia sebagai sumber pemenuhan lapangan kerja maupun kebutuhan hidup masyarakat justru kian terbatas. Bahkan, disinyalir hutan alam tropis Kalimantan Barat tengah mendekati kehancuran.”


pemikiran kalimantan barat

Potret Kalimantan Barat, di era global dewasa ini adalah sebuah kawasan yang tengah menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan yang sama sekali tidak ringan. Paling tidak, hal itu tercermin dari sebuah realitas. Di satu sisi, kini terdapat tuntutan akan penyediaan lapangan krja dan peningkatan pemenuhan berbagai kebutuhan hidup masyarakat sebagai cerminan pesatnya pertumbuhan penduduk.


Namun, di sisi lain, sumber daya alam khususnya sumber daya hutan yang tersedia sebagai sumber pemenuhan lapangan kerja maupun kebutuhan hidup masyarakat justru kian terbatas. Bahkan, disinyalir hutan alam tropis Kalimantan Barat tengah mendekati kehancuran. Pada saat ini sangat dibutuhkan sebuah konsep pembangunan yang benar-benar akan mampu menghadirkan solusi konkrit dan layak terap atas berbagai permasalahan Kalimantan Barat. Tidak berlebihan apabila buku ini merupakan sebuah konsep pikir alternatif yang diharapkan akan mampu mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju masyarakat Kalimantan Barat yang mandiri dan berilmu.


Baca Juga : Perjuangan Melawan Stigma Negatif Terhadap Para Pemuda Ba-Alawi Lewat Buku


Gagasan dan pemikiran yang tertuang dalam buku ini merupakan sesuatu yang sama sekali baru. Seperti pada judulnya, yaitu ‘Sebuah Bunga Rampai Pemikiran’ buku ini mendeskripsikan berbagai hasil pemikiran dalam upaya proses pembangunan di Kalimantan Barat dengan tambahan berbagai konsep pemikiran alternatif alias buku ini tidak hanya terpaku pada satu jalan dalam mencapai pembangunan tersebut.


Berbagai pembahasan hadir didalam buku ini dengan tak mengesampingkan kenyataan yang ada. Ragam solusi penyelesaian masalah pembangunan, baik jalur altenatif ditampilkan secara sistematis dan rasional. Saat membaca buku ini tampaknya kita akan lebih mampu untuk memahami cara atau solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah pembangunan yang ada.


Ide penyelesaian masalah yang ada di dalam buku ini mampu untuk menjadi gagasan utama penyelesaian masalah yang penjabarannya dapat dilakukan dengan berbagai diskusi ulang oleh sejumlah relawan pembangunan.


Baca Juga : Musim Ngayau Cerpen Muhammad Noor Fadillah


Buku ini juga menampilkan berbagai faktor kegagalan yang biasanya ada dalam suatu tahap pembangunan yang bilamana kita kritis menanggapinya akan dapat dijadikan pembelajaran dalam pembangunan berikutnya supaya hal tersebut tak terulang kembali ataupun paling tidak sudah kita ketahui penyelesaiannya dengan berbagai identifikasi yang ada.


Dalam buku ini, terdapat kata-kata yang membuat kita terinspirasi untuk semangat membangun tanah Kalimantan Barat ini. Ditambah lagi penggunaan bahasa yang mudah dimengerti dan penempatan permasalahan yang detail. Detailnya penjelasan permasalahan disini sangat membantu kita sebagai pembaca dalam menganalisa berbagai hal yang pada dasarnya belum kita ketahui awal mulanya dikarenakan memang bukan cabang ilmu yang kita tekuni. Sebagai orang awam, kita lebih mudah memahami inti dari pembahasan didalam buku ini. Buku ini juga menampilkan gagasan yang rasional sehingga tidak ada gagasan yang kita kira sulit untuk terlaksana karena berbagai gagasan yang ada ditampilkan dengan kesederhanaa.


Tak terhindar dari kekurangan, berbagai kekurangan yang terdapat dalam buku ini adalah berbagai penjelasan yang ada tidak disertai dengan gambar ataupun ilustrasi yang bilamana ada atau ditampilkan dengan tujuan agar buku ini terlihat lebih menarik dan semakin membantu pembaca lebih memahami gagasan yang disampaikan secara lengkap.


Baca Juga : Sajak Nandy Pratama Berjalan dalam Takdir


Buku ini juga tak dilakukan penerbitan baru sehingga menggunakan desain lama sangatlah tampak membosankan jika dibaca oleh kaula muda yang pada dasarnya sudah beda jaman dan beda perkembangan.Saya sendiri sangat menyayangkan kenapa tidak dibuat versi kelanjutan dari buku ini dengan desain yang lebih moderen namun dengan inti isi yang sama sehingga akan lebih banyak individu yang merasa senang ketika membacanya.


Identitas Buku

Judul Buku : Membangun Kalimantan Barat: Sebuah Bunga Rampai Pemikiran

Penulis : Ir. H. Gusti Hardiansyah, MSc., QAM

Penerbit : Wana Aksara

Tahun Terbit : 2005

Halaman : 232 


Tulis Pendapat Anda 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post