Selasa, 20 Desember 2022

Sejarah Kesultanan Melayu Sanggau

author photo
Literasi kalbar


Sejarah Kesultanan Melayu Sanggau


Tulisan Putri


"Buku ini mengajak untuk mensinergikan lagi ingatan akan sejarah Sanggau yang berliku dan menatap masa depan Sanggau yang lebih cerah."


Buku berjudul Sejarah Kesultanan Melayu Sanggau merupakan sebuah buku menarik untuk dibaca dan diulas. Bukan tanpa alasan karena topik buku ini berisi tentang sejarah, lebih tepatnya sejarah Kesultanan Melayu yang terletak di Sanggau, Kalimantan Barat.


Buku ini memberikan pengetahuan sekitar sejarah Sanggau. Penjelasan sejarah dalam buku ini didukung dengan story dan legenda dalam kerajaan Sanggau. Pemaparan sejarah dalam buku ini membuat pembaca merenungkan tentang sejarah para sultan dengan jelas. 


Baca Juga: Mudah Menulis Resensi Buku Sejarah 


Buku ini juga mengungkapkan fakta-fakta sejarah tokoh Sanggau masa lalu yang diungkapkan secara ilmiah. Peninggalan-peninggalan sejarah Kerajaan Sanggau dari bentuk istana, rumah masjid, dan dinasti dipaparkan dengan baik. Selain itu, dalam buku ini dijelaskan sedikit mengenai mistik penggunaan ilmu ghaib. 


Ilmu gaib yang dahulu kala dipakai ornag-orang daerah Sanggau, seperti ilmu kebal, ilmu pengasih, dan juga di ceritakan tentang ilmu sepeninggalan Sultan Ayub.


Memang fakta sejarah Sanggau telah lama dilupakan atau memang sengaja ditenggelamkan. Meskipun demikian, buku ini tetap perlu dibaca sebagai informasi, pengetahuan sejarah, dan dipahami oleh penduduk Sanggau. 


Baca Juga: Lomba Menulis Resensi Buku Gratis


Untuk melihat kontribusi dan peranan yang dimainkan para Sultan, buku ini telah memaparkan fakta-fakta, antara lain Sultan Abang Abdurrahman telah mendirikan sebuah Kesultanan Sanggau pada 5 Rabiul Awal 871 H/8 Agustus 1450 M. Kemudian, Sultan Jamaludin memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan dari Mengkiang ke Sanggau pada tanggal 12 Maret 1658 M.


Tidak hanya itu saja, buku ini juga memaparkan beberapa cerita legenda yang mencirikan masyarakat Sanggau pada zama dahulu buku ini juga membahas tentang pengaruh islam dalam kesultanan Sanggau.


Baca Juga: Pemikiran Membangun Kalimantan Barat


Pada akhirnya, keunggulan buku ini menjadi suatu informasi sejarah yang baik untuk diketahui lebih jauh. Melalui tulisan ini, semua pihak khususnya kaum kerabat, para eksekutif, dan intelektual juga diajak untuk mensinergikan lagi ingatan akan sejarah Sanggau yang berliku dan menatap masa depan Sanggau yang lebih cerah serta bersahabat.


Judul Buku                          : Sejarah Kesultanan Melayu Sanggau

Pengarang                           : Dr. Abang Ishar Ay,M.Sc

Penerbit                               : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Dimensi Buku                     : 16 × 24 cm

Jumlah Halaman Buku        : xxii + 339 halaman

Tahun Terbit                        : 2016

ISBN                                    : 978-602-433-069-9

Tulis Pendapat Anda 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post